Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura: Rekor Muri untuk Tanam serentak 1000 Titik di Sulsel

By Admin

nusakini.com - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan mempersembahkan sebuah kado terbaik berupa Rekor Muri dalam rangka Hari Jadi Sulawesi Selatan ke 347 yang puncak peringatannya akan dilaksanakan pada bulan oktober 2016 mendatang.

Rekor Muri yang dimaksud telah diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Museum Rekor Dunia - Indonesia (Muri) Osmar Semesta Susilo,MIB kepada Dr.H.Syahrul Yasin Limpo, SH.MSi.MH.(Gubernur Sulawesi Selatan) pada Pencanangan Gerakan Tanam Serentak 1000 Titik di Provinsi Sulawesi Selatan, selasa 27 September 2016.

Rekor Muri Penanaman Tanaman Pangan dan Hortikultura secara Serentak di Lokasi Terbanyak Dalam Satu Provinsi tersebut tercatat dengan nomor rekor: 7602. Ini adalah Rekor Dunia dan Bukan Hanya Rekor Indonesia saja, ujar Wakil Direktur Muri pada saat penyerahan penghargaan bergengsi tersebut.


Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya tidak henti-hentinya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas rekor Muri dari pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak di seluruh Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan ini. Pembangunan Pertanian Sulawesi Selatan adalah barometer pembangunan pertanian nasional yang sudah dapat disejajarkan dengan provinsi lainnya di pulau Jawa. Bahkan Gubernur mengajak kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk terus bersama-sama membangun dan memperkuat pertanian kita di Sulawesi Selatan ini.

Sementara itu Ir.Hj.Fitriani,MP Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Ir.Nasaruddin,MP selaku Ketua Pelaksana Pencanangan Gerakan Tanam Serentak ini mengemukakan bahwa Penanaman Serentak Komoditas Tanaman Pangan dan Hortikultura ini dilaksanakan secara bersamaan mulai pukul 10.00 wita pada 1154 titik yang tersebar pada 534 desa dan 182 kecamatan di 24 Kabupaten/kota se Sulawesi Selatan. Lebih jauh dijelaskan bahwa dengan penanaman serentak satu hari ini akan langsung diperoleh realisasi tanam padi seluas 5.135 ha, jagung 2.461 ha, kacang-kacangan dan umbi-umbian 513 ha serta tanaman hortikultura sekitar 168 ha. Dalam waktu tiga bulan ke depan, diharapkan semua jenis tanaman ini akan berproduksi baik dan membuat petani atau masyarakat tersenyum karenanya.


Pencanangan Gerakan Tanam Serentak 1000 Titik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini berlangsung pada areal terbuka Maccini Sombala of Indonesia (MOI) Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Hadir dalam acara tersebut antara lain para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Makassar, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Sulsel , Tim Pakar Lingkup Dinas Pertanian serta sejumlah masyarakat yg bermukim disekitar lokasi pencanangan.(p/sul)